PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

BSIP BERKARYA: Publikasi terkini BPSI Tanah dan Pupuk: “SUMBER HARA TANAMAN BERBAHAN BAKU LOKAL”




Adanya kelangkaan dan kenaikan harga pupuk sehingga diperlukan alternatif sumber hara lainnyaTanaman akan tumbuh baik jika kebutuhan haranya terpenuhi dan berimbang.Pemupukan berimbang dilakukan dengan menambahkan sejumlahhara ke dalam tanah dengan memperhatikan ketersediaan hara atau kesuburantanah, kebutuhan tanaman, dan target produksi yang berkesinambungan.Pemerintah melalui Kementerian Pertanian harus memberikan edukasi kepada masyarakat dan petani untuk mencari dan memanfaatkanalternatif dalam upaya mensubstitusi pupuk anorganik yang saat ini sulit diperoleh dan harganya yang relatif mahal di pasaran.

namun dengan penerapan sistem bioindustri ataupun smart farming,hara tersebut akan berputar dalam suatu siklus yang berkesinambungan.Sumber-sumber hara tersebut tanpa disadari sebenarnya tersedia di sekitar kita. Ketidaktahuan menjadi penyebab tidak optimalnyapemanfaatan bahan-bahan tersebut.

Buku ini memuat informasi seputar sumber bahan baku pupuk berbahan baku lokal yang bisa menjadi sumber pupuk N, P, K, Ca, Mg, S, sumber pupuk mikro (Cu, Zn, Fe, Mn, B, Co, Mo, Na), sumber hara benefisial seperti silika, serta mengupas potensi danpemanfaatan sumber hara bahan baku pupuk yang ada disekitar kita. Diharapkan dengan adanya buku ini dapat memberi tambahan informasi dan wawasan bagi berbagai pihak dalam mengembangkan bahan baku di sekitar untuk mendukung ketersediaan pupuk alternatif pada kegiatan budidaya pertanian.

Buku ini dapat di download di atau melalui E-Catalog Pertanian Press Kementerian Pertanian https://epublikasi.pertanian.go.id/pertanianpress/catalog/book/67Besar harapan kami ini mempermudah dalam proses penyebaran informasi serta memudahkan pembaca untuk mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. (Mtm, AFS, M.Is)