PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

BSIP BERKARYA: PENGENALAN SAMPEL TANAH TERGANGGU DAN TIDAK TERGANGGU




 

Halo sobat soilers, kali ini mari kita bahas apa itu contoh tanah terganggu dan contoh tanah tidak terganggu. Namun, sebelum ke pokok pembahasan, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui apa itu tanah.

Tanah merupakan bagian dari kerak bumi yang terdiri dari mineral serta bahan-bahan organik. Tanah mempunyai pengaruh yang sangat penting bagi kehidupan di bumi, karena tanah menopang kehidupan tumbuhan dengan cara menyediakan unsur hara dan air serta sebagai tempat akar untuk berkembang. Struktur tanah memiliki rongga (pori) agar akar dapat bernafas di dalam tanah sehingga tumbuhan dapat hidup dengan baik.

Agar optimal mendukung pertumbuhan dan produksi tanaman, tanah biasanya di analisis sifat fisika, kimia dan biologinya dengan menggunakan contoh tanah yang diambil di lapangan. Ada 2 jenis contoh tanah yang digunakan, yaitu contoh tanah terganggu dan tidak terganggu.

Mungkin, sobat soilers masih banyak nih yang belum tahu apa itu contoh tanah terganggu kan? Kuy mimin kasih tahu ya guys. Jadi, contoh tanah terganggu itu merupakan contoh tanah yang di ambil dengan menggunakan cangkul, sekop, atau bor tanah dari kedalaman tertentu sebanyak 1-2 kg. Biasanya contoh tanah terganggu itu digunakan untuk keperluan analisis kandungan air, tekstur tanah, perkolasi, batas cair, batas plastis, batas kerut, dan lain-lain.

Selanjutnya contoh tanah tidak terganggu atau contoh tanah utuh merupakan contoh tanah yang diambil dari lapisan tanah tertentu dalam keadaan tidak terganggu, sehingga kondisinya hampir menyerupai kondisi di lapangan. Contoh tanah tersebut digunakan untuk penetapan angka berat volume, distribusi pori pada berbagai tekanan ( pF 1; pF 2; pF 2,54; dan pF 4,2) dan permeabilitas. Untuk mengetahui kondisi sifat fisika tanah dapat dilakukan analisis di laboratorium fisika tanah BPSI Tanah dan Pupuk.

 

Mimin harap penjelasan ini dapat sobat soilers pahami ya. Selanjutnya, sobat soilers mau informasi tentang apa lagi nih? Komen di bawah ya, dan jangan lupa pantengin terus sosial media BPSI Tanah dan Pupuk, agar sobat soilers dapat turut serta mewujudkan pertanian cemerlang, Indonesia gumilang. Selamat menjalankan aktivitas masing-masing guys..! (JAS, AFS, Mtm, M.Is)