PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

BSIP BERKARYA: BSIP MENDUKUNG PROGRAM KEGIATAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)




BSIP BERKARYA: BSIP MENDUKUNG PROGRAM KEGIATAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)

Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP), Kementan dengan UK UPT dibawahnya siap mendukung kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kampus Merdeka adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memberikan seluruh mahasiswa kesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai langkah persiapan karir.

Selasa, 20 Februari 2024, delapan mahasiswi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fakultas Pertanian Jurusan Ilmu Tanah program MBKM diterima langsung oleh Kepala Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk (BPSI Tanah dan Pupuk) Dr. Ir. Ladiyani Retno Widowati, M.Sc di Ruang Rapat I BPSI Tanah dan Pupuk yang didampingi oleh Tim Layanan Pengujian dan Penilaian Kesesuaian Tanah dan Pupuk Dr. Linca Anggria MSc., Ema Lindawati, M.Biotech. dan Moch.Iskandar. 

Dalam sambutan penerimaannya, Kepala BPSI Tanah dan Pupuk Dr. Ir. Ladiyani Retno Widowati, M.Sc antara lain menjelaskan mengenai sejarah lahirnya BPSI Tanah dan Pupuk yang merupakan transformasi dari Balai Penelitian Tanah (Balittanah), tugas dan fungsi serta layanan yang diberikan oleh BPSI Tanah dan Pupuk. Tugas dan fungsi BPSI Tanah dan Pupuk diantaranya adalah melaksanakan pengujian standar instrumen tanah dan pupuk; melaksanakan layanan pengujian dan penilaian kesesuaian standar instrumen tanah dan pupuk. Lebih lanjut Dr. Ladiyani menyampaikan bahwa BPSI Tanah dan Pupuk memiliki rumah kaca, kebun percobaan dan 4 laboratorium uji terakreditasi yang menjadi acuan bagi laboratorium tanah di Indonesia. Ladiyani juga menyampaikan agar para mahasiswa MBKM pro aktif dalam menggali ilmu terkait tanah dan pupuk selama melaksanakan program MBKM di BPSI Tanah dan Pupuk.

Melalui kolaborasi dari program MBKM ini diharapkan dapat mendukung tercapainya generasi muda yang berkualitas dan kompeten sehingga dapat mendukung pertanian yang maju, mandiri dan modern (M.Is, LA, AFS, Mtm).