PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

BSIP BERKARYA: AKTIVITAS MIKROBA TANAH SEBAGAI SALAH SATU PARAMETER KESUBURAN TANAH




BSIP BERKARYA: AKTIVITAS MIKROBA TANAH SEBAGAI SALAH SATU PARAMETER KESUBURAN TANAH

Kamis, 29/02/2024, di penghujung Februari ini BPSI Tanah dan Pupuk telah menyelenggarakan bimtek online seri 2 dengan tema “Aktivitas Mikroba Tanah Sebagai Salah Satu Parameter Kesuburan”. Kegiatan bimtek rutin yang dilaksanakan setiap bulan ini dibuka oleh Kepala BPSI Tanah dan Pupuk, Dr. Ir. Ladiyani Retno Widowati, M.Sc. Adapun narasumber kali ini adalah Sarmah, S.Si., M.Si dan Dinihari Indah Kusumawati, S.P., M.Sc sebagai moderator. Mengawali kegiatan bimtek, Ladiyani dalam pembukaan menjelaskan bahwa mikroba tanah ini berperan sebagai indikator kesuburan tanah. Pengelompokan mikroba dapat didasarkan pada fungsi dan sumbangannya terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman.

Selanjutnya pada sesi pemaparan, Sarmah, S.Si., M.Si menjelaskan bahwa kesuburan tanah terdiri dari 3 komponen yaitu kesuburan fisik, kimia dan biologi. Kesuburan biologi mencakup keragaman mikroba tanah dan aktivitas biologisnya. Mikroorganisme dapat berupa bakteri, fungi, Actiomycetes, alga, protozoa dan nematoda. Mikroba tanah memiliki peranan dan aktivitas terhadap kesuburan tanah antara lain: dalam mendekomposisi bahan organik dengan menghasilkan enzim yang membantu memecah senyawa organik kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana, pergerakan hara atau siklus hara seperti siklus nitrogen dan siklus sulfur, memperbaiki struktur dan agregat tanah dengan menghasilkan polisakarida yang mengikat partikel tanah membentuk agregat, penekanan terhadap penyakit tanaman yang berasal dari pathogen, produksi fitohormon and asosiasi dengan akar tanaman seperti mikoriza. Tidak hanya menjelaskan terkait peranan dan aktivitas mikroba tanah, Sarmah menjelaskan juga mengenai indikator mikroba terkait analisis kuantitatif terhadap parameter mikroba yang diukur yang menunjukkan kesuburan tanah seperti analisis enzim dan respirasi.

Bimtek sesi 2 BPSI Tanah dan Pupuk dihadiri oleh 280 lebih peserta yang terdiri dari PPL, mahasiswa, petani, pengusaha dan dosen ini juga diisi dengan sesi diskusi. Peserta sangat antusias mengikuti sesi tanya jawab dan diskusi. Diharapkan dengan bimtek ini dapat meningkatkan pengetahuan akan pentingnya peran mikroba tanah dan dapat diimplementasikan guna meningkatkan kesuburan tanah mendukung pertanian berkelanjutan. Pertanian cemerlang, Indonesia gemilang. (DIK, AFS, M.Is, Mtm).