PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

BSIP BERKARYA: TERAPKAN AKUNTABILITAS, BPSI TANAH DAN PUPUK RAIH PERINGKAT 2 NILAI KINERJA SATUAN LINGKUP BSIP




BSIP BERKARYA: TERAPKAN AKUNTABILITAS, BPSI TANAH DAN PUPUK RAIH PERINGKAT 2 NILAI KINERJA SATUAN LINGKUP BSIP

 

Peran pemantauan dan evaluasi sangat diperlukan untuk melihat sistem akuntabilitas kinerja dari sebuah instansi pemerintah. Hasil dari kegiatan tersebut dapat dijadikan acuan perbaikan berkelanjutan untuk meningkatan kinerja instansi. Aplikasi SMART (Sistem Monitoring dan Evaluasi Kinerja Terpadu) Kementerian Keuangan merupakan salah satu sistem monitoring yang digunakan oleh Kementerian Pertanian untuk memantau dan mengevaluasi kinerja satker lingkup Kementan. SMART adalah aplikasi berbasis website yang dibangun guna memudahkan Kementerian atau Lembaga dalam melakukan monitoring dan evaluasi kinerja anggaran.

Guna meningkatkan peran pemantauan dan evaluasi, telah diadakan acara Koordinasi Evaluasi Hasil Pelaporan Monitoring Dan Evaluasi (Monev) TA 2023 lingkup BSIP dilaksanakan secara hybrid pada tanggal 7-8 Maret 2024. Pada kesempatan kali ini narasumber dari Direktorat Sistem Penganggaran Bapak Arif Rahman dari Direktorat Jenderal Anggaran, Kementerian Keuangan menyampaikan nilai kinerja Satker BSIP TA 2023 dan   BPSI Tanah dan Pupuk berhasil memperoleh peringkat 2 untuk pencapaian nilai kinerja satker lingkup BSIP dengan nilai kinerja sebesar 97,02% dari aplikasi SMART.

Pencapaian BPSI Tanah dan Pupuk tersebut diharapkan lebih memacu kinerja BPSI Tanah dan Pupuk dalam mendukung rencana kerja pemerintah Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan.(AFS, VA, Mtm, M.Is).