PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

BSIP BERKARYA: BPSI TANAH DAN PUPUK MENERIMA KUNJUNGAN KERJA (KUNKER) KOMISI 2 DPRD PROVINSI BANTEN




BSIP BERKARYA: BPSI TANAH DAN PUPUK MENERIMA KUNJUNGAN KERJA (KUNKER) KOMISI 2 DPRD PROVINSI BANTEN

Bogor Senin 18 Maret 2024, BPSI Tanah dan Pupuk menerima kunjungan kerja (Kunker) dari Komisi 2 DPRD Provinsi Banten. Kunjungan ini diterima langsung oleh Dr. Ladiyani Retno Widowati, M.Sc selaku Kepala BPSI Tanah dan Pupuk beserta jajarananya.

Pada kesempatan ini, Dr. Ladiyani memaparkan tentang tupoksi BPSI Tanah dan Pupuk salah satunya terkait pengujian standardisasi untuk mendukung kebijakan khususnya di bidang pertanian. Selain itu Dr. Ladiyani menjelaskan tentang berbagai inovasi dari BPSI Tanah dan Pupuk diantaranya rekomendasi pemupukan untuk tanaman pangan, hortikultura dan komoditas lainnya hingga di tingkat kecamatan sehingga dapat digunakan sebagai salah satu acuan untuk dosis pemupukan agar efektif dan efisien. E-book rekomendasi pemupukan dapat diakses secara online di website https://tanahpupuk.bsip.pertanian.go.id/ .

Inovasi lainya yang disampaikan berupa tes kit tanah yaitu PUTK (Perangkat Uji Tanah Kering) dan PUTS (Perangkat Uji Tanah Sawah) yang berfungsi untuk analisa kadar hara N atau C-Organik, P, K dan pH tanah. Selain itu juga disampaikan Perangkat Uji Pupuk (PUP) yang dapat digunakan untuk mengetahui kadar hara yang terkadung di pupuk khususnya pupuk N,P,dan K. Diakhir kunjungan ini, Kepala BPSI Tanah dan Pupuk menyerahkan buku rekomendasi pemupukan kepada Ketua Komisi 2 DPRD Provinsi Banten sehingga nanti dapat digunakan sebagai salah satu acuan untuk pengambil kebijakan serta dapat disebarluaskan untuk masyarakat luas. (ELW, AFS, M.Is, Mtm).