PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

BSIP BERKARYA: BEDAH BUKU PETUNJUK TEKNIS ANALISIS KIMIA TANAH, TANAMAN, AIR DAN PUPUK




BSIP BERKARYA: BEDAH BUKU PETUNJUK TEKNIS ANALISIS KIMIA TANAH, TANAMAN, AIR DAN PUPUK

(25/03/2024) BPSI Tanah dan Pupuk kembali mengadakan Bimtek Online Seri #3 yang bertemakan “Bedah Buku Petunjuk Teknis Analisis Kimia Tanah, Tanaman, Air dan Pupuk”. Narasumber pada bimtek rutin bulanan kali ini adalah Lenita Herawati, S.Si., M.Si yang dipandu oleh moderator Dr. Linca Anggria, S.Si., M.Sc. Kegiatan bimtek ini dibuka oleh Kepala BPSI Tanah dan Pupuk, Dr. Ir. Ladiyani Retno Widowati, M.Sc. Ladiyani dalam sambutannya mengatakan bahwa “buku ini sangat mendukung tugas yang diembankan kepada kami dan buku ini menjadi penting karena menjadi acuan bagi rekan-rekan kami di laboratorium terkhusus laboratorium tanah yang ada di Indonesia sehingga kami menganggap setelah buku ini kami revisi perlu kami informasikan. Ladiyani juga mengajak peserta bimtek untuk bersama-sama mencermati isi buku petunjuk teknis analisis kimia tanah, tanaman, air dan pupuk edisi ketiga.

Dalam kegiatan utama bimtek online seri 3 ini Lenita memaparkan, sebelumya BPSI Tanah dan Pupuk sudah menerbitkan dua edisi terdahulu pada tahun 2012. Pada Bimtek kali ini dibahas tuntas terkait isi buku petunjuk teknis analisis kimia tanah, tanaman, air dan pupuk edisi ketiga yang diterbitkan pada bulan Desember 2023 lalu. Lenita juga mengatakan ada empat poin utama yang disajikan dalam buku petunjuk teknis analisis kimia tanah, tanaman, air dan pupuk edisi ketiga ini diantaranya 1) Analisis Tanah (tanah rutin dan tanah khusus); 2) Analisis Jaringan Tanaman; 3) Analisis Air Irigasi; 4) Analisis Pupuk (organik dan non organik).

Materi Analisis tanah rutin membahas mengenai persiapan contoh di laboratorium, penetapan kadar air kering mutlak, pH Tanah, kemasaman dapat ditukar dan parameter lainnya. Selanjutnya pada analisis tanah khusus dibahas mengenai pH Na F, Gypsum, DHL, kemasaman dapat diekstrak, erapan fosfat, retensi fosfat, serta fraksional P anorganik.

Selain analisis tanah, buku ini juga memuat terkait analisis jaringan tanaman seperti persiapan contoh dan kadar air, penetapan N Kjeldahl, unsur makro dan mikro, unsur logam berat, kadar abu dan kadar silikat total. Lebih lanjut Lenita juga menyampaikan terkait analisis air irigasi dan analisis pupuk anorganik serta pupuk organik.

Buku ini juga memuat kondisi alat untuk pengukuran unsur-unsur, pedoman penyajian laporan hasil analisis, penilaian hasil analisis tanah, segitiga tekstur, persyaratan logam berat dalam tanah dan, kualitas air baku, definisi dan syarat mutu beberapa pupuk yang penting.

SobaTani dapat mengunduh Buku Petunjuk Teknis Analisis Kimia Tanah, Tanaman, Air dan Pupuk melalui link https://bit.ly/JUKNISTANAHEDISIBARU atau melalui website https://tanahpupuk.bsip.pertanian.go.id/.

Sudah menjadi Tugas BPSI Tanah dan Pupuk untuk menyebarkan informasi-informasi yang bermanfaat terkait tanah dan pupuk. Semoga yang kami berikan menjadi sumber kebaikan dalam mewujudkan pertanian cemerlang, Indonesia gemilang (RR, AFS, M.Is, Mtm).